Copyright © 2013 by "Your Name"  ·  All Rights reserved  ·  E-Mail: yourname@domain.com
PROFIL UNMERBAYA
BERITA
PENGUMUMAN
SEJARAH PERKEMBANGAN UNIVERSITAS MERDEKA SURABAYA
Universitas Merdeka Surabaya tumbuh dan berkembang melalui serangkaian proses. Prakarsa pendiriannya dilandaskan pada hasrat yang luhur untuk ikut serta mencerdaskan kehidupan Bangsa dan Negara seperti yang diamanatkan dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945 dan Semangat Perjuangan yang berorientasi pada Cita-cita Pembangunan Nasional.

Prinsip yang mendasari upaya mewujudkan Hasrat dan Semangat Perjuangan tersebut adalah Ilmu Amaliyah dan Amal Ilmiah yaitu Pengambangan Ilmu dan Teknologi untuk diabdikan pada kehidupan Berbangsa dan Bernegara melalui pewujudan cita-cita Pembangunan Nasional.

Dengan dasar hasrat dan semangat perjuangan itulah maka pada tahun 1963 didirikan Universitas Bung Karno (UBK) yang dibentuk dibawah pembinaan PANGDAM VIII/BRAWIJAYA, Bapak Mayjen. BASUKI RACHMAT (Alm.) yang kemudian berubah menjadi  Universitas  HATI NURANI RAKYAT (HANURA) dengan Rektor pada waktu itu Kol. Dr. SARNANTO serta Sekretaris DJOKO DARMONO, BSc.

Berdasarkan Akte Notaris No. 5a tanggal 15 Juni 1964 dibentuk suatu Yayasan Perguruan Tinggi Bung Karno, yang berinduk pada Slagorde KODAM VIII/BRAWIJAYA dengan Surat Keputusan PANGDAM VIII/BRAWIJAYA Nomor : SKEP/17/VI/1968 tanggal 17 Desember 1968, dan selanjutnya diubah / diganti Akte Pendiriannya dengan Akte Notaris No. 32/1972.

Berdasarkan Surat Perintah PANGDAM VIII / BRAWIJAYA Nomor : Prin. 437/III/5/1972 tanggal 2 Mei 1972, Universitas HANURA di inte­grasikan dengan Universitas MERDEKA Pusat Malang, dengan perubahan nama menjadi Universitas MERDEKA Koordinatorat Surabaya, dengan Rektor Letkol. A. SOETRISNO, SH, BcHk. Mil. (Alm.) dan Sekretaris DJOKO DARMONO, BSc dibawah Pembinaan PANGDAM VIII/BRAWIJAYA waktu itu Bapak Mayjen. WIDJO­JO  SOEJONO.

Berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Pusat Malang Nomor : SKEP/01/YPTM/1983 tanggal 18 Nopember 1983, Surat Telegram PANGDAM VIII/BRAWIJAYA Nomor : STR/220/1983 tanggal 25 Okto­ber 1983 dan Surat Keputusan DANREM 084/BHASKARA JAYA Nomor : SEP/18/XII/1983 tannggal 5 Desember 1983, maka Universitas MERDEKA Koordinatorat Surabaya dilepaskan oleh Universitas Merdeka Malang dan dibentuk Yayasan Universitas Merdeka Surabaya dengan Akte Notaris R. Soebiono Danusastro Nomor : 26 tanggal 6 Juni 1984 dengan Ketua Yayasan Kol. Purn. F.H. SOERODJO (Alm.).

Pada tanggal 25 Mei 1985 terjadi pergantian Rektor pimpinan Universitas, dari Letkol. Purn. A. SOETRIS­NO, SH, BcHk. Mil. (Alm.) kepada Letkol. Purn. Dr. AMIN ARYONO, DSP.

Bulan Pebruari 1991 terjadi pergantian Ketua Yayasan dari Kol. Purn. F.H. SOERODJO (Alm.) kepada Kol. Purn. Dr. H. POERNOMO KASIDI (Alm.) dengan Surat keputusan PANGDAM V/BRAWIJAYA No. SKEP/25/II/1991 tanggal 25 Pebruari 1991.

Pada bulan April 1995 terjadi pergantian Ketua Yayasan dari Kol. Purn. Dr. H. POERNOMO KASIDI (Alm.) kepada Kol. Inf. H. SUNARTO SUMOPRAWIRO (Alm.) dengan Surat keputusan PANGDAM V/BRAWIJAYA No. Skep/58/IV/1995 tanggal 10 April 1995, karena Walikotamadya Surabaya secara ex officio menjadi Ketua Yayasan Universitas Merdeka Surabaya.

Berdasarkan Akte Notaris Wahyudi Suyanto, SH Nomor : 023 tanggal 3 Desember 1997 diadakan perubahan nama Yayasan dari Yayasan Universitas Merdeka Surabaya menjadi Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Surabaya.

Bulan September 1998 terjadi pergantian Rektor pimpinan Universitas, dari Letkol. Purn. Dr. AMIN ARYONO, DSP. kepada Ir. GATUT PRASETIYO, MBA.

Pada bulan Desember 2000 terjadi pergantian Rektor pimpinan Universitas, dari terjadi pergantian Rektor pimpinan Universitas, dari Ir. GATUT PRASETIYO, MBA. kepada Ir. H. MOCH. CHOMSUN.

Tahun 2000 terjadi pergantian pimpinan dan struktur organisasi Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Surabaya yang diketuai oleh Kol. Purn. YOSAFAT SOEHARTO, SH, MM dari Ketua Yayasan lama Kol. Inf. H. SUNARTO SUMOPRAWIRO (Alm.) yang mengundurkan diri karena pertimbangan Otonomi daerah sebagai Walikotamadya Surabaya.

Pada bulan Pebruari 2003 terjadi pergantian Rektor pimpinan Universitas, dari terjadi pergantian Rektor pimpinan Universitas, dari Ir. H. MOCH. CHOMSUN. kepada H. ACHMAD EFFENDI, SH.

Pada bulan Nopember 2007 terjadi pergantian Rektor pimpinan Universitas, dari terjadi pergantian Rektor pimpinan Universitas, dari H. ACHMAD EFFENDI, SH, MHum kepada Hj. SURTI YUSTIANTI, SH, MH.

Bulan Juni 2003 terjadi pergantian pimpinan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Surabaya, dari Kol. Purn. YOSAFAT SOEHARTO, SH, MM kepada Kol. H. M. MUCHTAR, SIP, MBA.

Bulan April 2008 terjadi pergantian pimpinan Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Surabaya, dari Kol. Purn. H. M. MUCHTAR, SIP, MBA kepada Letkol. Purn. H. Djoko Agus S., SH, MBA.

Pada bulan Maret 2012 terjadi pergantian Rektor dari Hj. Surti Yustianti, SH., MH kepada DR. H. Didit Darmawan, ST., SE., MM sesuai dengan keputusan Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Surabaya No. 02/KEP/YPTMS/III/2012 tanggal 13 Maret 2012.

Pada bulan Maret  2014 terjadi pergantian Rektor dari DR. H. Didit Darmawan, ST., SE., MM kepada Zainal Arifin, SH., M.Hum sesuai dengan keputusan Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Surabaya No. 05/KEP/YPTMS/III/2014tanggal  24 Maret 2015.

Pada bulan Desember 2014 terjadi pergantian Rektor dari Zainal Arifin, SH., M.Hum karena meninggal  kepada M. Roesli, SH., M.Hum  sesuai dengan keputusan Ketua Umum Yayasan Perguruan Tinggi Merdeka Surabaya No. 07/KEP/YPTMS/XII/2014 tanggal 29 Desember 2014

Pada saat ini Universitas Merdeka Surabaya memiliki 5 (lima) Fakultas dan 7 (tujuh)  Program Studi :
- Fakultas Hukum dengan Program Studi S-1 Ilmu Hukum
- Fakultas Ekonomi dengan Program Studi S-1 Manajemen dan Akuntansi
- Fakultas Teknik dengan Program Studi S-1 Arsitektur
- Fakultas Pertanian dengan Program Studi S-1 Agroteknologi.
- Fakultas Ilmu Kesehatan dengan Program Studi S-1 Keperawatan dan D-3 Kebidanan.
Copyright © 2018 Universitas Merdeka Surabaya. All Rights Reserved.